…aku sediiihh…

…aku sediiihh…

Review Jurnal Emosi

Judul : Perception of Six Basic Emotional Facial Expression by the Chinese
Penulis : Kai Wang, Rumjan Hoosain, Tatia M.C Lee, Yu Mieng, Jia Fu, Renmin Yang
Sumber : Journal of Cross Cultural Psychology Volume 17 No.6 November 2006 P. 623 – 629

Tujuan Penelitian
Untuk melihat bagaimana persepsi orang Cina terhadap foto-foto yang memperlihatkan orang dengan ekspresi yang beragam dan apakah persepsi terhadap sebuah emosi dapat di universalkan.

Metode Penelitian
Foto-foto hitam putih untuk masing-masing emosi dasar (gembira, terkejut, takut, sedih, jijik, dan marah) di blend, missal 90% gembira + 10 % sedih jadi beberapa foto. Kemudian responden di minta untuk melabel foto-foto tersebut dengan label salah satu dari 6 emosi dasar manusia tersebut. Jika responden menjawab emosi yang dominant maka dihitung sebagai “correct score”, kalau menjawab dengan emosi yang campurannya tidak dominant dihitung sebagai “adjacent errors” dan jika menjawab emosi yang tidak ada hubungannya dihitung sebagai “remote errors”.
Mempersepsikan facial emotion ini dihubungkan dengan umur, pendidikan, IQ, memory quotient, word fluency, orientasi garis, pembedaan bentuk visual, pengenalan terhadap wajah yang tidak familiar, persepsi terhadap gender, persepsi terhadap usia, persepsi terhadap arah pandangan dan famous face identity.

Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keenam emosi dasar ini cukup mudah untuk dikenali dan bahagia merupakan ekspresi yang paling mudah untuk dikenali, diikuti terkejut. Sedangkan sedih, juga termasuk ekspresi yang mudah untuk dikenali dan bersifat universal.
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa persepsi terhadap ekspresi emosi tidak dipengaruhi oleh usia dari yang melakukan persepsi, kendati jangkauan usia para subyek cukup jauh.

Implikasi
Emosi sedih merupakan emosi yang universal dan cara pengekspresiannya di wajahpun akan mudah dikenali karena ke-universal-an emosi tersebut.



4 Comments

judul gak nyambung ama isi … 😀

Reply

hehe,,
emang sengajaa,,
😀

Reply

pertanyaan bodoh ta, kenapa kita bisa sedih ya ? 🙂
asal muasalnya dari mana ?

Reply

……asal muasal sedih??
hmm,,
dari apa yang kita alami,,
dari apa yang kita pelajari,,
dan sedih sebenarnya emosi dasar yang sudah kita rasakan bahkan sebelum kita mengenal diri kita sendiri,,

Reply

Leave a Reply

Skip to toolbar