,,ayat ayat pilihan,,

,,ayat ayat pilihan,,

Subhanallah,,

Alquran,, kitab tersuci sepanjang sejarah kehidupan manusia, memiliki ayat-ayat yang begitu sempurna, indah dilafazkan dan begitu menenangkan untuk didengar,,

banyak ayat yang mengandung makna yang sangat dalam, namun setiap manusia mempunyai persepsi masing-masing tiap makna ayat dalam Alquran tersebut. ada yang menganggap ayat-ayat tertentu sebagai yang paling menyentuh hatinya, walau jelas bahwa semua ayat ayat dalam kitab yang merupakan mukjizat bagi baginda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalaam (semoga ALLAH selalu mencurahkan rahmat-Nya kepada beliau)..

berikut ada dua ayat yang menurut saya paling luar biasa berkesan dalam hidup saya,,

tulisan ini juga merupakan sebuah tugas untuk memenuhi syarat pengisian poin SKU Pandega di Racana Tribhuwanatunggadewi Pangkalan UGM Yogya,,

,,,,,,, Ayat 1 Surah Al Faatihah

yang artinya :

1. dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang[1].

[1] Maksudnya: saya memulai membaca al-Fatihah ini dengan menyebut nama Allah. Setiap pekerjaan yang baik, hendaknya dimulai dengan menyebut asma Allah, seperti makan, minum, menyembelih hewan dan sebagainya. Allah ialah nama zat yang Maha Suci, yang berhak disembah dengan sebenar-benarnya, yang tidak membutuhkan makhluk-Nya, tapi makhluk yang membutuhkan-Nya. Ar Rahmaan (Maha Pemurah): salah satu nama Allah yang memberi pengertian bahwa Allah melimpahkan karunia-Nya kepada makhluk-Nya, sedang Ar Rahiim (Maha Penyayang) memberi pengertian bahwa Allah Senantiasa bersifat rahmah yang menyebabkan Dia selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada makhluk-Nya.

1. In the name of Allah, Most Gracious, Most Merciful.

****____****

Ayat ini mempunyai makna yang sangat dalam. Ayat ini diucapkan setiap manusia akan melakukan sesuatu, merupakan perwujudan kehambaan manusia kepada ALLAH, Rabb semesta alam, membuktikan bahwa tiada yang dapat dikerjakan menusia tanpa adanya kasih sayang dari sang Maha Pengasih. Dengan melafalkan ayat ini, manusia mengikrarkan diri bahwa menusia hanya seorang peminta dan pemohon, sedang yang maha kuasa hanya Sang Maha Pengabul Pinta. Dengan melafalkan ayat ini setiap sebelum melakukan sesuatu, sesungguhnya manusia akan terjaga dari khilaf yang mendekatkan dirinya pada dosa, karena ia melakukan sesuatu tersebut hanya karena cintanya pada Sang Maha Pencinta, ini merupakan langkah awal menuju sebuah hubungan cinta yang paling hakiki, cinta kepada Sang Pemberi Cinta.

sedangkan ayat yang kedua adalah,,

……..Ayat 1 Surah Al Baqarah

yang artinya :

1. Alif laam miin[10].

[10] Ialah huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan sebagian dari surat-surat Al Quran seperti: Alif laam miim, Alif laam raa, Alif laam miim shaad dan sebagainya. diantara Ahli-ahli tafsir ada yang menyerahkan pengertiannya kepada Allah karena dipandang Termasuk ayat-ayat mutasyaabihaat, dan ada pula yang menafsirkannya. golongan yang menafsirkannya ada yang memandangnya sebagai nama surat, dan ada pula yang berpendapat bahwa huruf-huruf abjad itu gunanya untuk menarik perhatian Para Pendengar supaya memperhatikan Al Quran itu, dan untuk mengisyaratkan bahwa Al Quran itu diturunkan dari Allah dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad. kalau mereka tidak percaya bahwa Al Quran diturunkan dari Allah dan hanya buatan Muhammad s.a.w. semata-mata, Maka cobalah mereka buat semacam Al Quran itu.

****____****

Ayat ini semakin mengukuhkan manusia sebagai makhluk yang sangat kecil dibanding ALLAH yang menciptakan manusia, Rabb semesta alam. Pengetahuan manusia yang paling pintar pun tak akan pernah sebanding dengan pengetahuan dari Sang Maha Mengetahui. Dari ayat ini, hendaknya manusia sadari bahwa ia tak berhak untuk congkak berjalan di muka bumi ini karena hanya sekecil titik dibanding pengetahuan ALLAH yang lebih luas dari alam yang diketahui oleh manusia ini. Namun ayat ini juga menyiratkan bahwa manusia tidak boleh putus asa dalam memperilmu dirinya, karena semakin banyak ia tahu semakin besar cintanya pada sang Rabb. Ayat ini menyiratkan bahwa masih banyak hal yang penting untuk dicaritahu oleh manusia, sebelum menusia merasa puas dan merasa telah mengetahui segala rahasia alam, karena alam ini adalah buku yang halamannya terus bertambah dan tak akan pernah selesai untuk dibaca.

….Hanya ALLAH lah yang Maha Mengetahui apa yang tersembunyi dam Maha Menyempurnakan,,



5 Comments

uwaaa…

kapan janjian lagi, maak mu niy belum tanta tangan je…

heheheheh….

Reply

tanda tangan maak,,
hehehe

😉

Reply

ayo ta….semangat..
bukan untuk siapa-siapa..tapi buat tata sadja..

“kita berbuat bukan untuk org lain, kita berbuat unuk membuktikan bahwa kita bisa berdamai dg diri kita sekaligus mampu melumpuhkan egonya”

satya dharma bhakti nusantara
luhur budi bawa laksana abdi nusa bangsa

Reply

keren Nab tulisanmu… 🙂

Reply

Hmmm….nice explanation.
Salam Pramuka.

Reply

Leave a Reply

Skip to toolbar