Indonesia On MoVe Now

Indonesia On MoVe Now

GOOD NEWS!!

Tadi pagi, setelah sekian lama terisolir dari dunia luar, ta menonton Metro TV dan benar-benar takjub!!

Takjub dengan benar-benar Takjub!!

Ternyata Indonesia sudah cukup sukses menjalankan program untuk memenuhi Tujuan Pembangunan Milenium yang ke 5, yaitu kesehatan Ibu.

Sudah ada satu program yang diprakarsai oleh Departemen kesehatan, yakni P4K dengan stiker.

Apa itu??

Secara sederhana, program itu adalah penempelan stiker di depan masing-masing rumah yang ada ibu hamilnya, yang berisi siapa nama sang ibu, bidan, kapan perkiraan kelahiran, golongan darah, dan siapa yang akan mengantarkan kerumah sakit.

Dengan adanya stiker ini, masyarakat disekeliling atau yang biasa disebut tetangga akan lebih aware alias peduli dengan sang ibu yang sedang hamil, sehingga kehamilan akan menjadi tanggung jawab masyarakat sekitar juga, bukan cuma sang ibu, dan hal ini jelas sangat membantu sang ibu untuk melewatkan masa kehamilan dengan sangat menyenangkan Karena banyak orang yang bersedia membantunya dalam keadaaan darurat.

Dengan adanya program ini, diharapkan peran serta bidan desa juga meningkat untuk memberikan pengetahuan mengenai kehamilan dan kelahiran pada sang calon ibu, agar dengan pengetahuan-pengetahuan tersebut, kondisi kesehatn sang ibu akan lebih meningkat dan janin yang dilahirkan akan lebih sempurna.

Diharapkan agar dengan dijalankannya program ini, angka kematian ibu dan anak ketika kehamilan dan proses kelahiran akan lebih menurun bahkan hilang, karena tanggap darurat kelahiran dan kehamilan menjadi tanggung jawab bersama bagi masyarakat. Pertolongan akan dapat diberikan secara tepat waktu.

Selain perhatian dari masyarakat yang sangat diperlukan, terutama lagi adalah perhatian dari sang suami atau calon ayah,,

Kehamilan dan penglahiran adalah juga tanggung jawab suami untuk membantu istrinya melewatinya dengan baik, jadi, seperti kata Donna Agnesia dalam acara tersebut, jadi suami JANGAN SOK SIBUK! Cobalah lebih perduli dan berbagi, maka rumah tangga akan lebih indah,,

Semoga dengan adanya program ini Indonesia dapat mengejar bahkan mengungguli Thailand yang sudah menjadi MDG Plus dalam tujuan MDG yang kelima ini,,

Bersama kita mewujudkan Indonesia yang lebih menghargai masyarakatnya,,



Leave a Reply

Skip to toolbar