Selamat #HariPramuka

Selamat #HariPramuka

Tadi siang saya dicolek oleh mbak @alfanonie untuk berbagi mengenai pengalaman menjadi pramuka dengan hestek HariPramuka yang sebenarnya memang akan saya lakukan tanpa dicolek sekalipun, karena, semua orang tahu bahwa 14 Agustus adalah Hari Pramuka! yey!

Pramuka? kuno amat sih? ya nggak juga koq.. Pramuka selalu berkembang sesuai dengan zaman. and yes! I am a Scout and I’m proud of it, even sekarang saya sudah tidak aktif lagi, saya tetap seorang Pramuka! (maaf, agak maksa.. haha)

Pengalaman selama menjadi Pramuka? hm.. saya saja bingung harus menceritakan yang mana, karena pengalaman berkesan saya ketika bergabung dengan kepramukaan cukup banyak. Many of my “first experience” happened because of Pramuka. Pertama jauh dari orang tua untuk waktu yang cukup lama, pertama liburan tanpa orang tua, pertama belajar mandiri, pertama belajar untuk berbagi (barang maupun keahlian), pertama keluar negeri, pertama kali mendaki gunung (mungkin itu juga jadi yang terakhir yak? 😀 bener gak @jeliria?), pertama kali muak dengan kotornya dunia politik, pertama benci-bencian, pertama suka-sukaan, pertama kotor-kotoran, pertama gaya-gayaan, bahkan pertama pacaran juga karena ikut Pramuka #eaaa.

Jadi, pengalaman mana yang mau saya bagi? makin bingung deh jadinya, yang jelas banyak hal berharga yang saya dapatkan selama saya bergabung dengan pramuka. Saya mungkin memang bukan tipe anggota pramuka yang ambisius untuk menjadi “sesuatu” di Organisasi Kepramukaan, saya hanya menjalani hal yang saya suka, yaitu berteman.. Inilah yang membawa saya menemukan sahabat saya yang bertahan lama dan semoga selamanya. Namun, ketidakambiusan saya ini tampaknya malah membawa saya menjalani banyak pengalaman yang sangat berharga di Pramuka, bisa ikut Lomba Tingkat Nasional mewakili Provinsi Riau, bisa ikut Jambore Nasional, bisa jadi Pramuka Garuda, bisa merasakan (walaupun sebentar) jadi Anggota DKC Kota Pekanbaru, bisa camping kemana-mana, bisa ikut Raimuna Daerah DIY, bisa ikut macam-macam kompetisi kepramukaan, bisa ketemu anggota Pramuka se-Indonesia, bahkan pernah juga bertemu Scout member dari negara lain, dan yang gak pernah saya bayangkan bisa terwujud, saya bisa jadi Pandega dan merasakan duduk di Pimpinan Dewan Racana Racana Tribhuwanatunggadewi Pangkalan UGM (yang terkenal sangat ketat itu loh seleksi alamnya *nggaya dikit*). 😆

I’ve changed so much through this whole Scouting experience, in many positive ways. so i highly recommend this activity for youngsters, really, it is useful, very useful indeed. It trains you how to love your self, your family, your nation and how to get through this life safely. It is a journey to success!

I’m a Scout and I’m proud of it!



Leave a Reply

Skip to toolbar