Tetap dan selalu untukmu…

Tetap dan selalu untukmu…

Tetap tegakkan kepalamu, Garuda!

Kalau saya nggak salah, begitulah kalimat penyemangat di Jak FM yang saya dengar tadi pagi. Seharian ini, Jak akan memutar lagu Malaysia, due to the Gold Medal that went to Malaysia in Soccer Game last night.

Kalah di adu penalti memang sangat menyakitkan tapi, kalah saja tanpa embel-embel adu penalti pun sudah sangat menyakitkan. Pahit. Tetapi apa kita pantas menghujat? kita saja yang hanya menonton, atau bahkan hanya menonton babak pertama atau tidak menonton saja selama kita masih Bangsa Indonesia pasti sangat kesal dengan kekalahan ini, apalagi para pemain yang sudah benar-benar berjuang hingga rela berguling-guling atau berlari tertatih-tatih di lapangan, pasti mereka lebih merasa kesal dengan kekalahan ini, seakan kelelahan mereka tak terbayarkan dengan penghargaan yang pantas.

Apakah benar kelelahan mereka tak terbayarkan?

Bagi saya tidak, mereka telah bermain dengan cukup bagus, sangat keren malah, bagi saya yang sangat awam dengan dunia persepakbolaan ini. Saya terkesima dengan ketenangan Bonai, raut mukanya yang sejuk *ceileh* padahal tekanan yang mereka rasakan pasti sangat besar. Saya takjub dengan kecepatan berlarinya Okto, hingga bertanya-tanya apakah dia sempat bernapas ketika lari? Saya juga heran betapa kuatnya Egi yang bisa tetap berlari mengejar bola walau ia sering dibuat jatuh berguling di lapangan oleh pemain lawan. Saya juga kaget ketika Gunawan yang tampaknya juga terkejut bisa memasukkan bola ke gawang. Saya ingat betapa saya sangat mengidolakan Andik saat pertandingan melawan Thailand. Saya yang mengagumi Meiga yang sangat muda namun percaya bahwa dia bisa menjaga gawangnya. Saya juga mengagumi pemain yang lain walaupun saya selalu salah menyebut nama mereka ketika sedang pertandingan. Saya bahkan juga sangat histeris ketika kamera menyorot wajah Diego dengan cengirannya *maaf gak nyambung 😀

Mungkin Garuda Muda tidak berhasil meraih emas tadi malam, tapi secara tidak sadar, mereka membuat Indonesia belajar menerima kekalahan, mereka mengajarkan Indonesia pelajaran yang lebih berharga dibanding hanya Medali Emas yang memang membanggakan tapi saya takut malah bukan hal yang tepat untuk di dapatkan Indonesia saat ini.

Jika Indonesia menang tadi malam, benarkah kita sanggup menanggung kemenangan itu? siapkan Indonesia menang?

Menurut saya, sekali lagi ini hanya menurut pandangan saya, seorang warga Indonesia yang sangat mencintai bangsa ini, Indonesia belum siap menerima kemenangan itu. Bayangkan yang akan terjadi jika kita menang tadi malam, betapa sombongnya kita jadinya. Sadarkah kita bahwa banyak yang menganggap pertandingan tadi malam itu lebih dari sekedar pertandingan sepakbola? bayangkan jika kita menang, hinaan apa lagi yang akan kita tujukan buat negara tetangga kita itu? betapa buruknya kesombongan itu akan membawa kita, betapa kita tidak akan belajar bahwa banyak hal yang harus dibenahi dari negara kita ini sebelum kita pantas menyandang gelar pemenang?

Edukasi suporter, bagaimana mendukung penuh tim, bukan hanya menyanjung ketika menang tetapi menghina jika kalah, lihatlah perjuangan mereka, bagaimana mereka mengajarkan kepada kita bahwa tak selamanya kerja keras itu menghasilkan hasil yang kita inginkan, bagaimana mereka mengajarkan kita untuk tetap tegap menatap kekalahan dan menjadikan itu pelajaran untuk tidak tinggal diam dan kembali bangkit dan kesempatan selanjutnya akan selalu ada bagi orang yang masih ingin terus berjuang dan terus percaya bahwa #IndonesiaBisa, tidak terhenti hanya di SEA GAMES ini saja.

Lalu, apakah medali perak ini merusak keharuan kita yang menjadi juara umum SEA Games?

Saya harap tidak, karena ini adalah sebuat titik bangkit yang baik bagi negara kita, kita harus tetap membuktikan bahwa Indonesia Bisa, tidak hanya di olah raga saja, tetapi juga di setiap hal lainnya.

Terima kasih Garuda Muda, kalian telah mengajarkan saya untuk tetap percaya dan mulai menanamkan mental pemenang di diri saya, yah, at least for me, You Are my Hero!

Thank You, Garuda Muda!

like Jak FM said:

Tetap tegakkan kepalamu, Garuda!

 



Leave a Reply

Skip to toolbar